Friday, September 9, 2011

Tutorial Autocad Civil 3D : Cara Mengimport Data Titik Hasil Survey



Cara Mengimport Data Titik Hasil Survey
Kedalam Autocad Civil 3D

Tutorial ini akan membahas bagaimana bekerja dengan titik-titk koordinat Geometri  (Coordinate Geometry – COGO), yang mana merupakan dasar untuk dapat memodelkan Permukaan Tanah. Dalam Tutorial ini saya akan menunjukan bagaimana cara mengimport  data survey kedalam gambar dari database yang telah dibuat sebelumnya dan bagaimana meengelompokan sejumlah data titik kedalam grupnya masing-masing.
Sebelum kita mengelompokan data-data tersebut ada baiknya kita membuat struktur kerja gambar kita agar titik - titik yang terbentuk akan tersusun dalam grup yang mudah dipahami dengan style yang tepat dan segala atributnya. 

   A. Membuat Data Titik (Point Data)
Pada langkah ini kita akan belajar bagaimana mengatur titik-titik yang berhubungan dengan saluran drainase dan kolam penahan. Kita akan membuat keterangan (description keys) dan kelompok titik (groups point) untuk mengelompokan titik-titik seperti yang telah diimport kedalam gambar, kemudian kita akan mengimport titik-titk tersebut dari file yang telah dibuat sebelumnya.
Keterangan (description keys) akan membantu kita mengautomatisasi banyak titik yang dapat dikerjakan pada saat titik titik tersebut dibuat ataupun diimport. Sebuah keterangan titik (description keys) merupakan sebuah keterangan tanpa ekstensi dari sebuah titik yang nantinya akan menentukan bagaimana titik tersebut akan diproses nantinya. Sebagai contoh : kita dapat membuat sebuah description keys untuk menerapkan style yang berbeda atau menempatkan titik-titik pada layer yang berbeda dalam gambar.
Kita juga dapat mengelompokkan sejumlah titik kedalam beberapa grup berdasarkan tipe titik, elevasi, tanggal pembuatan atau kriteria yang lain, sehingga kita dapat dengan bebas menjalankan berbagai perintah ataupun  mengeksplorasi tampilan titik tersebut terhadap sebuah grup titik.

Data titik dapat diimport dari file text (*.txt) atau dari Microsoft Access database (*.mdb). Data titik yang dibuat dengan Land desktop juga bisa ditransfer kedalam Civil 3D dengan cara mengimportnya langsung dari database project tersebut. 

Demikian sedikit uraian singkatnya, untuk lebih jelas kita langsung saja dengan Latihannya... :) 


Ditutorial berikut akan kita lanjutkan dengan tutorial bagaimana cara mengolah data-data titik yang telah dimport menjadi kontur , Topografi permukaan tanah, membuat Superelevasi, desain koridor dan menghitung Volume Cut and fill secara otomatis dari Data-data titik diatas.

Selamat berlatih.














6 komentar:

taufikmtr said...

Mas bagaimana cara download tutorial civil 3D nya

Benyamin Ndu Ufi said...

@ MAs taufikmtr : klik aja pada icon fullscreennya, kemudian klik icon Print...

Anonymous said...

atau open aja alamat ini
http://nduufi.files.wordpress.com/2011/03/1-tutorial-autocad-civil-3d-point-data.pdf

Tms TmsJerry said...

Bro Keren Bro ............
ini membantu skali bro........
TMS

nurdinho said...

Thanks For sharing Mas Benyamin.. Keluarin dong Mas tutorial lanjutannya... perlu banget nih untuk kerja..

thanks a lot...

dadang priatna said...

mantap bro,,,
di tunggu tutorial selanjutnya.....

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | free samples without surveys