Monday, March 28, 2011

STRUKTUR STATIS TAK TENTU

STRUKTUR STATIS TAK TENTU
       Mekanika Teknik??? Seram...!!! Itulah kesan pertama saya saat  belajar tentang teknik sipil. Bagaimana tidak? Tiap hari hanya bergelut dengan rumus-rumus yang bikin mumet kepala, ditambah lagi diakhir perkuliahan Dosen pasti selalu memberi tugas yang dapat menyita waktu seminggu bahkan "jadwal "ngapel"pun harus ditepikan. Kadang saya menggerutu dalam hati, buat apa sih kita harus bersusah payah belajar Mekanika teknik, toh nanti pada akhirnya didunia kerja hampir semua pekerjaan hitungan dan analisa akan dikerjakan dengan aplikasi Komputer?. Tinggal input data pada program, runing dan Selesai!. Apakah ilmu pekerjaan seorang engineer sipil hanya sepert iitu? Tentu saja tidak. .
       Untuk menghasilkan “seseorang yang berkompeten” atau sebutlah “engineer” maka dapat dilakukan melalui “pelatihan / pendidikan” dan “pengalaman”. Proses pendidikan umumnya mengajarkan “konsep-konsep dasar” dan juga ketrampilan, dan jika ditunjang pengalaman yang baik dan selalu melakukan evaluasi atas hasilnya maka akhirnya dapat diperoleh “mental” atau “intuisi” yang baik. Sehingga akhirnya terbentuklah kompetensi seseorang.
          Pendidikan mekanika teknik klasik pada tingkat S1 menurut penulis adalah suatu langkah yang relatif sederhana dan efektif yang dapat memberikan wawasan lain untuk akhirnya membentuk kompetensi seseorang calon insinyur. Sehingga bagi Adik-adik yang baru mulai belajar tentang Teknik Sipil , belajar dan Berlatihlah sampai batas kemampuanmu. Caritaulah sebanyak mungkin  tentang Mekanika Teknik dan jatuh cintalah dengannya jika ingin menjadi seorang engineer yang Hebat.
          Bertolak dari pentingnya mekanika Teknik itu, saya ingin membagi sedikit materi tentang penyelesaian permasalahan Struktur Statis Tak Tentu dengan metode Consistent Deformation. Moga bisa berguna :)

Ingin memiliki soft copy materi ini? Silahkan klik Icon dibawah
Download disini


1 komentar:

Sedih said...

selamat siang!!
nice blog...saya bakal jurutera sipil...
my problem is...even though i have the software
i dont know how to put the loading..
the value,loading distribution and everything..:-(
pusing abesss....
where can i learn ??? how??minta ajarin pleaseee

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | free samples without surveys